Hubungi Kami:(Safei, S.Pd.) 082365082751

Pengembangan Silat Terkendala Pelatih


Jakarta (Satlak PRIMA): Olahraga pencak silat sebagai olahraga asli Indonesia kini sudah berkembang ke 42 negara. Sayang belakangan ini upaya untuk terus membuat pencak silat dikenal masyarakat dunia, terkendala dengan pelatih. Banyak pelatih yang menolak dikirim karena alasan berbeda-beda.
“Pelatih yang mau dikirim ke luar negeri itu banyak yang berpikir panjang sebelum berangkat. Pasalnya, kontrak biasanya hanya dua tahun, setelah itu mereka harus kembali ke Tanah Air. Nah, untuk meninggalkan keluarga selama dua tahun itu kan tidak mudah,” kata Sekjen PB IPSI Erizal Chaniago di Jakarta, Selasa (2/4), di sela-sela kunjungan Deputi IV Kemenpora ke Pelatnas Pencak Silat.
Kini, kata Erizal, pengembangan pencak silat ke luar negeri lebih banyak dilakukan lewat perkumpulan. PB hanya memfasilitasi saja. Bahkan tidak jarang ada atlet dari Australia yang berguru ke Padepokan TMII dalam jangka waktu tertentu.
“Untuk tetap mengembangkan atlet ke luar negeri, PB IPSI punya program penataran pelatih. Biasanya ini juga diikuti oleh pelatih dari luar negeri. Nah, ke depan kita mengharapkan bantuan pemerintah lewat keduataan besar. Misalnya lewat atraksi pencak silat dalam setiap perayaan kebangsaan di luar negeri,” kata Erizal. (Marpi)

0 comments:

Facebook

Tinggalkan Pesan

Name

Email *

Message *

Sekretariat Kami